08 November 2011 ~ 4 Comments

Tutorial Singkat Joomla 1.7

Joomla 

Setelah kita mengetahui langkah-langkah membuat website dengan Joomla, kali ini kita akan mengetahui cara membuat menu baru dan menambahkan artikel ke Joomla. Saya telah merangkum sebuah tutorial singkat tentang Joomla 1.7. Sebetulnya ini adalah kumpulan dari beberapa pengalaman saya ketika membuat website dengan Joomla. Dan sekarang saya ingin membagikan tutorial gratis ini pada anda semua.

Yang perlu diketahui dalam penggunaan Joomla 1.7 adalah pengaturan untuk membuat dan mengedit artikel. Caranya sangat berbeda dengan Joomla versi sebelumnya, terutama Joomla 1.5. Di dalam versi baru ini kita tidak perlu membuat Section.

Untuk membuat atau menambah artikel baru, kita harus membuat beberapa kategori terlebih dahulu. Kategori-kategori ini harus dibuat sesuai dengan artikel yang ada. Untuk membuat Category, caranya dari menu Content pilih tab Category Manager lalu klik Add New Category. Sampai di sini langkah pertama sudah kita ketahui. Selanjutnya anda bisa membaca keterangan yang lain di dalam ebook tutorial joomla 1.7 yang saya sertakan di sini. Anda bisa mendownloadnya nanti.

Saya telah merangkum tutorial Joomla 1.7 ini ke dalam ebook berbentuk pdf. Artikel yang ada akan membahas tentang bagaimana cara menambah, menghapus dan mengedit artikel. Juga tersedia tutorial mengenai menambah, mengedit dan menghapus Menu.

Bagi anda yang sedang belajar Joomla, ebook ini bisa anda download sekarang.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Tutorial Singkat Joomla 1.7 ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

4 Responses to “Tutorial Singkat Joomla 1.7”

  1. Moerhadie Berbagi 11 November 2011 at 6:29 pm Permalink

    kang mau tanya, cara ngubah kolom artikel di home pada joomla 1,7 gimna? maksih

    • cahayainspirasi 11 November 2011 at 8:31 pm Permalink

      Maaf ya, saya bukan kang…dan maksud pertanyaannya gimana nih, kurang jelas. Mungkin pengaturan menu Home ya. Bisa diklik menu item yang dimaksud, trus lihat di sebelah kanan ada Parameter (Basic). Cari kotak untuk Leading, Intro, Kolom, dan Links. Dari sini bisa mengubah jumlah Kolom untuk 1, dsb.

  2. depalpiss 20 November 2011 at 11:31 pm Permalink

    yes joomla is powerfull, love joomla. Joomla Is Easy.. tapi koq blognya pake wp yap sista cahaya inpirasi kenapa ga peke joomla aja sista.. pasti lebih yahud he he eh:) seep. apapun medianya yang penting! semangat! seep nuhun.. :)

    • cahayainspirasi 21 November 2011 at 8:37 am Permalink

      Kebetulan sekarang lagi seneng utak-atik WP. Bener katamu, apapun medianya yang penting semangat.