28 March 2013 ~ Comments Off

Mengatasi Plugin Adobe Acrobat dan Shockwave Flash yang Crash

Beberapa waktu lalu aktivitas browsing saya terganggu ketika menggunakan browser Mozilla Firefox. Ada 2 buah plugin yang out of date, yaitu plugin Adobe Acrobat dan Shockwave Flash. Memang sudah lama sekali saya tidak update kedua plugin ini dan akhirnya menyebabkan crash.

Untuk Adobe Reader, saya masih menggunakan versi 10. Setiap saya mendownload file PDF dari browser, terjadi crash meskipun masih bisa digunakan. Saya pikir hanya dengan mengupdate plugin saja masalah bisa beres. Tapi ternyata ketika saya melakukan update plugin secara langsung dari Mozilla Firefox, tidak bisa, bahkan kena blokir.

Saya mencoba mencari tahu bagaimana caranya supaya plugin Adobe Acrobat bisa diupdate. Tetapi dari beberapa artikel yang saya baca, tidak bisa menyelesaikan. Akhirnya saya mendownload file Adobe versi terbaru. Dan hasilnya plugin bisa langsung terupdate saat itu juga.

Masalah kedua, plugin Shockwave Flash mengalami crash. Jika membuka halaman web yang mengandung file flash, langsung ngadat. Saya juga tidak bisa melihat video, tidak bisa main game, bahkan muncul peringatan kalau plugin bisa jadi vulnerable. Hmm, khawatir juga.

Plugin yang terpasang di browser saya adalah Shockwave Flash 10.3 r183. Saya pun mencoba mencari penyelesaian. Akhirnya ketemu juga link download untuk mengupdate plugin Shockwave Flash, yaitu di fpdownload.macromedia.com/get/flashplayer/current/licensing/win/install_flash_player_10_plugin.exe.

Setelah mendownload file, langsung saya instal ke komputer. Cara menginstal plugin Shockwave Flash adalah dengan menutup browser Mozilla Firefox terlebih dulu. Setelah itu baru dibuka file yang didownload tadi. Centang tulisan I agree dan klik Install. Hanya dalam beberapa detik saja plugin akan terupdate dan sekarang sudah bisa melihat video serta membuka file flash tanpa gangguan.

Untuk anda yang mengalami masalah plugin Adobe Acrobat dan Shockwave Flash yang crash, jangan tunggu lagi untuk segera mengupdate kedua plugin tsb. Karena jika lama tak diupdate, bisa membahayakan komputer.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Mengatasi Plugin Adobe Acrobat dan Shockwave Flash yang Crash ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

Comments are closed.