16 April 2012 ~ 2 Comments

Cara Mengedit Template Joomla 2.5

Joomla 

Cara mengedit template Joomla 2.5 sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti tutorial berikut.

Untuk mengedit template Joomla 2.5 lihat pada Extensions>>Template Manager>>centang pilihan template yang anda gunakan lalu klik Edit di bagian kanan atas. Selanjutnya lihat pada bagian Advanced Options. Contohnya terlihat dalam gambar.

Cara mengedit template Joomla 2.5

Keterangan:
-Logo
Anda bisa menghilangkan logo bawaan Joomla dengan klik Clear. Jika ingin menampilkan logo buatan anda sendiri anda bisa klik Select. Anda akan diantarkan pada pilihan untuk memilih logo/gambar dari folder, tapi jika tidak ada maka anda bisa mengupload dari komputer anda.
-Site Title
Anda bisa hilangkan tulisan Joomla di dalam kotak dan lalu menuliskan judul website anda sendiri.
-Site Description
Hilangkan tulisan yang ada dalam kotak dan kemudian isi dengan deskripsi website anda sendiri.
-Position of Navigation:
Anda bisa memilih before content atau after content. Kalau saya lebih suka memilih after content yang akan menampilkan menu-menu halaman website di sebelah kanan konten artikel.

Merubah style template joomla 2.5
Untuk merubah style template Joomla 2.5 anda bisa lihat pada Extensions>>Template Manager. Akan terlihat tampilan seperti dalam gambar. Klik pada Templates (lihat anak panah dalam gambar yang saya buat).

Merubah style template Joomla 2.5

Anda akan diantarkan pada halaman baru dimana terlihat nama-nama template beserta detailnya. Anda bisa klik salah satu template yang anda gunakan. Jika ingin merubah css template, lihat pada Stylesheets di sebelah kanan. Di sana terlihat nama-nama file css dari template yang anda gunakan.

Jika misalnya anda ingin mengedit footer, atau ingin meletakkan kode verifikasi google, atau menambah kode-kode penting seperti kode untuk mempercepat loading joomla, maka anda bisa melihat di Template Master Files dan lalu klik Edit Main Page Template.

Itulah cara mengedit template Joomla 2.5 dan merubah style template Joomla 2.5. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda yang sedang belajar Joomla.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Cara Mengedit Template Joomla 2.5 ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

2 Responses to “Cara Mengedit Template Joomla 2.5”

  1. asep5150 3 May 2012 at 12:49 pm Permalink

    salam, langsung ajha Bos! saya pemula. untuk mendapatkan rangkuman semua tutorial joomla 2.5, dalam bentuk CD, kira – kira bisa ndak Bos… kalo bisa donasinya kira – kira berapa !! bisa Bos… Trim’s sebelumnya

    • cahaya inspirasi 4 May 2012 at 9:46 am Permalink

      Kalau tutorial dalam bentuk CD saya belum bisa buat. Memang sudah lama saya ingin bikin tutorial dalam bentuk video. Sekarang lagi cari-cari infonya. Mungkin bisa saya buat suatu saat, tapi nggak janji.
      Ya mudah-mudahan aja anda semakin mengerti dengan tutorial yang saya buat di sini