01 October 2012 ~ Comments Off

Cara Memperbaiki Tata Bahasa dan Ejaan Artikel Bahasa Inggris Menggunakan Word

Cara memperbaiki tata bahasa dan ejaan artikel bahasa Inggris bisa menggunakan aplikasi Word yang ada di komputer. Berikut kita akan mengulasnya.

Kalau sobat punya situs berbahasa Inggris, memang harus selalu menyempatkan diri menulis artikel bahasa Inggris setiap hari. Itu jika sobat punya waktu luang dan siap bekerja keras untuk membesarkan situs bahasa Inggris anda.

Kalau sobat memilih jalur yang paling mudah, tentunya tinggal menyewa penulis content atau membeli artikel bahasa Inggris yang ditawarkan oleh situs-situs penyedia content. Tapi tentu cara ini akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, kita jadi kurang mengerti atau kehilangan kesempatan untuk belajar menulis artikel bahasa Inggris sendiri. Padahal bagi seorang penulis, kemampuan untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris merupakan satu kelebihan yang harus dimiliki.

Jika sobat merasa kesulitan dalam menulis artikel bahasa Inggris, buatlah artikel dalam bahasa Indonesia dulu, lalu terjemahkan menggunakan Google Translate. Kenapa harus menggunakan Google Translate? Mesin terjemahan ini sangat cepat dalam menerjemahkan kata-kata atau kalimat ke dalam berbagai bahasa. Dan bagi saya, Google Translate adalah cara yang paling mudah untuk membuat artikel bahasa Inggris.

Perlu diingat bahwa jika ingin menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan artikel, maka bahasa yang digunakan dalam menulis artikel haruslah bahasa resmi atau bahasa formal. Tujuannya agar kata per kata dan kalimatnya bisa diterjemahkan. Tetapi anda juga harus tahu bahwa terjemahan dari mesin Google ini tidak selalu akurat. Anda harus mengecek lagi, baik grammar (tata bahasa) maupun ejaan (spelling).

Bagaimana cara memperbaiki artikel bahasa Inggris?
Sebelum kita dapat menggunakan aplikasi Word untuk memperbaiki tata bahasa dan ejaan artikel bahasa Inggris, rubah dulu settingan Ms.Word. Caranya dari menu Office Button>>Word Option>>Proofing, lalu centang semua pilihan pada When correcting spelling and grammar in Word.

Untuk memulainya, salin keseluruhan artikel terjemahan tadi ke dalam Word. Akan terlihat mana saja kata-kata yang salah ejaan dan tata bahasanya. Kata-kata yang salah ejaan biasa ditandai dengan garis alun berwarna merah. Anda bisa membetulkannya saat itu juga, karena Word akan menunjukkan ejaan yang benar. Sedang kalimat yang salah tata bahasanya ditandai dengan garis alun berwarna hijau.

Dengan cara ini anda akan memperoleh artikel yang rapi susunan bahasanya sekaligus ejaannya. Tapi terkadang Word juga ada kesalahannya, untuk itu harus pandai-pandai dalam melakukan pengecekan. Tidak semua kata atau ejaan yang ditunjukkan oleh Word itu benar. Anda harus banyak membuka kamus dan banyak membaca artikel-artikel bahasa Inggris sebagai bahan perbandingan. Terlebih bahasa yang dipakai orang bule terkadang tidak sama dengan apa yang ditunjukkan oleh sebuah software.

Semoga cara memperbaiki tata bahasa dan ejaan artikel bahasa Inggris menggunakan Word ini bisa membantu anda.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Cara Memperbaiki Tata Bahasa dan Ejaan Artikel Bahasa Inggris Menggunakan Word ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

Comments are closed.