05 April 2012 ~ 1 Comment

Cara Membuat Ebook Mudah dan Cepat Menggunakan Software Gratis

Kali ini Cahaya Inspirasi akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat ebook secara mudah dan cepat menggunakan software gratis.

Meskipun saat ini kepopuleran ebook menurun, tapi artikel ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin membuat ebook sendiri. Ini berguna jika anda ingin membuat ebook untuk dibagikan gratis kepada pengunjung website anda. Lumayan kan bisa membuat cenderamata untuk pengunjung?

Cara membuat ebook mudah dan cepat bisa menggunakan software PrimoPDF. Perlu diketahui bahwa software ini digunakan untuk mengconvert dokumen dalam format PDF. Jika anda ingin membuat ebook dalam format lain, anda bisa mencari informasinya di internet.

Cara membuat ebook yang saya terangkan di sini sangat cepat, tidak membutuhkan waktu lama. Caranya juga sangat mudah. Ikuti petunjuk berikut ini.

1. Download software PrimoPDF dengan mengunjungi laman ini. Setelah filenya terdownload, anda instal ke komputer. Akan muncul formulir untuk mengisi pendaftaran email. Ini berguna jika anda menginginkan informasi update dari si pembuat software. Jika tidak anda bisa melewatinya.

2. Persiapkanlah file dalam format doc atau docx dalam Microsoft Word anda. Sebelumnya anda harus membuat gambar sebagai cover ebook dan anda tempatkan di halaman awal. Bukalah file tersebut lalu klik pada Office Button dan kemudian pilih Print. Pilihlah PrimoPDF sebagai printer untuk mencetak dokumen anda. Lihat gambar ini.

Cara Membuat Ebook

Setelah itu tekan Ok.
Pada software PrimoPDF versi terbaru akan ada tampilan Streamline PrimoPDF. Klik No jika anda tidak menginginkannya. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Membuat Ebook

Anda bisa memilih Ebook. Selanjutnya anda lihat pada Document Properties, tekan Change untuk mengisi data yang diperlukan. Di sana anda bisa mengisi Title (judul ebook), Author (nama pengarang), Subject (deskripsi ebook anda) dan Keyword (kata kunci untuk ebook anda). Usai data terisi klik Ok.

3. Selanjutnya lihat pada PDF Security. Klik pada Change. Di sana anda bisa menyeting apakah ebook anda menggunakan password atau tidak. Jika ya centang pilihan Require a password to open the document dan tuliskan password anda.

Cara Mudah Membuat Ebook

Jika anda ingin mengunci dokumen ebook anda agar tidak bisa diedit orang lain, anda bisa mencentang pilihan Require a password to change security settings and access spesific functions, lalu tuliskan password di dalam kotak. Ingatlah password ini jika sewaktu-waktu anda ingin mengedit dokumen ebook anda.

Selanjutnya anda disuguhi pilihan apakah ebook anda bisa diprint atau tidak. Pilih None untuk mendisable. Lalu anda bisa menentukan apakah ebook anda bisa dicopy atau tidak. Setelah itu tekan Ok. Tekan lagi Create PDF. Anda bisa memberi nama file ebook dan pastikan bahwa anda memilih save as type sebagai PDF file. Setelah itu tekan Save. Maka ebook anda jadi dalam beberapa detik.

Mudah kan cara membuat ebook menggunakan software gratis? Cara ini bisa anda coba sekarang.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Cara Membuat Ebook Mudah dan Cepat Menggunakan Software Gratis ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

One Response to “Cara Membuat Ebook Mudah dan Cepat Menggunakan Software Gratis”

  1. sensor robotic 8 April 2012 at 9:39 pm Permalink

    izin bookmark ya gan, ini yg dulu ane cari2.:D