01 April 2013 ~ Comments Off

Cara Memasang Embed Video YouTube di Blog WordPress

Untuk sobat yang ingin memasang kode embed video Youtube di blog WordPress, berikut caranya. Contoh kali ini adalah memasang video di dalam artikel.

Pertama sobat bisa membuat artikel baru di WordPress terlebih dulu. Tulis beberapa kalimat yang berkaitan dengan video yang ingin dipasang. Setelah itu masuk ke situs YouTube, cari video yang ingin dipasang. Atau jika sobat sudah mengupload video ke YouTube dan ingin memasangnya di dalam artikel, sobat bisa membuka video sobat. Setelah itu klik kanan pada video, klik copy embed html dan paste kode ke artikel yang ingin dipublish.

Atau bisa juga dengan cara berikut. Masuk ke situs YouTube, buka video yang ingin dipasang. Pada saat video terbuka, klik tombol Share yang ada di bawah video. Lalu klik Embed. Sobat bisa memilih size video yang terdapat di Video size. Pilihlah ukuran sesuai dengan lebar template yang digunakan.

Ukuran video yang disediakan YouTube adalah 420×315, 480×360, 640×480, dst. Atau sobat bisa memilih custom size, lalu isikan berapa tinggi dan lebar ukuran video yang sobat inginkan. Supaya tidak menampilkan suggestion video di akhir tayangan, hilangkan tanda centang pada tulisan Show suggested videos when the video finishes. Setelah itu copy-lah kode yang muncul dan paste ke artikel sobat.

Contoh kode embed video YouTube seperti ini:

<iframe width=”420″ height=”315″ src=”http://www.youtube.com/embed/Rq9xt863OEg?rel=0″ frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Pada saat meletakkan kode tsb pastikan Editor dalam keadaan mode HTML atau Text. Anda bisa mengecek apakah videonya bisa muncul atau tidak dengan mengklik tombol Preview terlebih dulu. Setelah OK, klik tombol Publish.

Selain bisa diletakkan di dalam artikel, kode embed video YouTube juga bisa dipasang di sidebar, yaitu di dalam widget. Untuk video yang ingin dipasang di sidebar buatlah ukuran 300×250 atau 300×200.

Cara memasang embed video YouTube di sidebar adalah dengan masuk ke menu Appearance>>Widgets, lalu seret widget Text ke sebelah kanan dan tuliskan kode embed-nya di dalam box. Setelah itu klik tombol Save. Sekarang coba klik blog WordPress anda dan lihat di sana apakah videonya sudah muncul.

Tidak diperbolehkan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel Cara Memasang Embed Video YouTube di Blog WordPress ini tanpa ijin dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman anda melalui link di bawah ini:

Comments are closed.